Limpahkan Kewenangan Kebersihan ke Kecamatan, Kadis LH Siap Maksimalkan TPS Mobile

Foto : CP-06 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, H Abdullah Syukur.

KEJAKSAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon terus memaksimalkan TPS Mobile bagi masyarakat.

Sudah 2 TPS Konvensional yang telah ditutup oleh Dinas LH seperti TPS Wahidin dan TPS Kesambi. Sebentar lagi, akan menyusul penutupan TPS Prujakan.

Atas hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Abdullah Syukur mengakui, bahwa TPS Konvensional yanh ada di wilayah kota sudah tidak layak. Selain mendukung program Kota Cirebon bersih, mengutamakan keindahan tata kota.

“Disisi lain, masih ada aja oknum dari mana mana yang membuang sampah dengan sekala banyak,” kata Syukur kepada Cirebonpos, Selasa (30/7).

Terkait TPS mobile, Syukur membutuhkan 32 dump truk, namun yang aktif hanha 28 dum truk. Akan tetapi, jika menggunakan TPS mobile semua, hanya membutuhkan 20 dum truck saja.

“Untuk melayani TPS mobile se kota harus ada 20 dum truck, lowder dan beberapa mobil kecil. Yang penting, itu crew dan tenaga sapuan di setiap ruas jalan,” jelasnya.

Syukur pun mengungkapkan pihaknya sudah menyusun pelimpahan kewenangan dari walikota ke kecamatan dimana salah satunya kewenangan kebersihan yang akan ditanggung jawabkan kepada kecamatan.

“Kalau kewenangan di kecamatan, akan enak dalam menjaga kebersihannya,” ungkapnya.

Masih kata Syukur, dalam memaksimalkan TPS Mobile, diperlukan satu dum truck empat personil yang terdiri dari satu sopir dan tiga crew. Jadi, kata dia, 20 dum truck dengan 80 personil.

“Saat ini masih yang lama personilnya masih kurang crewnya, karena crewnya harus 80 orang,” ujarnya.

Syukur menuturkan TPS Mobile teknisnya melayani sampah masyarakat dimana selalu keliling ke RW-RW. Melihat pengalaman di kesambi yang seminggu tiga kali sudah efektif dan bagus.

“Sekarang tidak bisa terukur volume sampah karena banyak sampah darimana’mana. Satu dum truck saja bisa enam kibik, dan sehari bisa 36 kibik dengan 6 dum truck,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Limpahkan Kewenangan Kebersihan ke Kecamatan, Kadis LH Siap Maksimalkan TPS Mobile"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*