Pemkot Segera Gelontorkan Bantuan Bagi 5.375 RTS

Foto : CP-06 Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, Iing Daiman

KEJAKSAN – Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Sosial akan segera menggelontorkan bantuan kepada masyarakat. Sebanyak 5.375 Rumah Tangga Sasaran (RTS) akan menerima bantuan dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon.

Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, Iing Saiman saat diwawancarai awak media di Balaikota Cirebon, Selasa (28/4).

“Kuota di Dinas sebanyak 5.375 Rumah Tangga Sasaran dengan total anggaran Rp3,5 miliar termasuk operasional dan biaya pengiriman. Per RTS mendapatkan Rp200 ribu selama 3 bulan,” kata Iing.

Iing mengungkapkan, APBD Kota Cirebon secara anggaran sudah siap pada pos belanja tidak terduga. Dimana, kata dia, implementasinya tinggal menunggu MoU dengan PT Pos Indonesia Regional Jawa Barat.

“Implementasi bantuan Pemda Kota Cirebon akan segera. Draf dari Pos sudah selesai tinggal tanda tangan kepala Pos di Jawa Barat,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Iing, Ketentuannya memang MoU antara manajemen PT Pos Jawa Barat harus dilakukan dengan Kepala Dinas.

“Data yang 5.375 RTS penerima bantuan dari Pemda Kota Cirebon,” ungkapnya.

Data tersebut, kata Iing, sudah fix menjadi daftar penerima. Kategori yang ditangani yakni usulan RT maupun RW serta kelurahan. Pihaknya ajukan untuk bantuan Pusat, Gubernur dan Kota Cirebon.

“Dari masing-masing data tidak ada yang double, dan tidak ada yang sama baik provinsi dan pusat. Kenapa Rp200 ribu, mengacu pada ketentuan BPNT yang sudah berjalan,” jelasnya.

Terkait bantuan Gubernur yang adanya penolakan di warga, kata Iing, bantuan provinsi merupakan keputusan Gubernur. Dari 5.491 RTS yang diajukan disetujui hanya 847 saja.

“Informasi di lapangan ada yang double dan lain sebagainya. Posisi yang dinyatakan double PKH dan BPNT atas nama istrinya. Nah, yang KRTS atas nama suami atau kepala rumah tangga,” tuturnya.

Menurut Iing, bukan merupakan wewenang pihaknya. Kenapa satu keluarga dapat bantuan Gubernur yang juga mendapat PKH ataupun BPNT.

“Kami juga membuka layanan aduan siapapun masyarakat yang mengadu, silahkan bisa,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Pemkot Segera Gelontorkan Bantuan Bagi 5.375 RTS"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*