Bisa Muncul Calon Alternatif, Ini Syarat Maju Independen

Foto : Ist Komisioner KPU Kota Cirebon, Mardeko

LEMAHWUNGKUK – Dalam rangka memunculkan figur atau kandidat alternatif dalam pesta demokrasi lima tahunan di Kota Cirebon, KPU Kota Cirebon sampaikan syarat dan ketentuan perseorangan atau independen. Sedikitnya, kandidat independen perlu mengantongi sedikitnya 23.801 dukungan dari warga Kota Cirebon.

Pasalnya, untuk kandidat calon dari partai politik sudah mulai bermunculan. Sebut saja incumbent Eti Herawati (Wakil Walikota/Ketua DPD NasDem), Sri Budiharjo Herman (Anggota DPRD Jabar/Demokrat), Handarujati Kalamullah (Wakil Ketua DPRD/Ketua DPC Demokrat), Fitria Pamungkaswati (Wakil Ketua DPRD/Ketua DPC PDIP), H Zaenal Muttaqin (Pengusaha), Bamunas S Boediman (Pengusaha).

Untuk calon peseorangan (Independen), kata Komisioner KPU Kota Cirebon, Mardeko bahwa syarat pencalonan perseorangan bupati dan calon wakil bupati, calon walikota dan calon wakil walikota mengacu pada UU Nomor 10 tahun 2016 pasal 41 ayat (2) harus memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan umum atau pemilihan sebelumnya paling akhir.

“Harus memenuhi dukungan sesuai dengan ketentuan atau aturan yang berlaku untuk bisa maju perseorangan (Independen),” ujarnya.

Untuk Kota Cirebon, lanjut Mardeko, DPT Pemilu 2019 sebanyak 238.003 jiwa harus didukung paling sedikit 10%  dengan jumlah dukungan minimal 23.801 jiwa.

Dukungan tersebut dibuat dalam bentuk surat dukungan disertai fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

“Dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50% jumlah kecamatan di kabupaten/kota dimaksud,” katanya.

Untuk masyarakat yang berkeinginan maju di jalur perseorangan (Independen), harus mempersiapkan dukungan sejak sekarang  supaya dapat terpenuhi syarat dukungan tersebut.

“Lebih lanjut dapat menghubungi Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kota Cirebon,” paparnya. (CP-10)

Be the first to comment on "Bisa Muncul Calon Alternatif, Ini Syarat Maju Independen"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*