Layanan Via Whatsapp Tak Efektif, Disdukcapil Kembali Buka Tatap Muka Meski Dibatasi

Foto : CP-06 Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Atang Hasan Dahlan

KEJAKSAN – Meski diawal pandemi pelayanan kependudukan di Kota Cirebon dilakukan secara online melalui Whatsapp, saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kembali membuka pelayanan secara tatap muka.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Atang Hasan Dahlan kepada Cirebonpos di Gedung DPRD, Jumat (14/8).

“Sekarang sudah bisa tatap muka, tetapi masih dibatasi,” kata Atang.

Pelayanan tatap muka di kantor Disdukcapil, lanjut Atang, lebih ditekankan untuk pelayanan pembuatan dokumen kependudukan berupa akta kelahiran, akta kematian serta akta pernikahan untuk pasangan non muslim.

Sementara untuk pelayanan KTP dan Kartu Keluarga (KK), untuk KTP akan diarahkan ke Kecamatan, sedangkan untuk pengajuan KK bisa dilakukan online dan dokumennya akan dikirimkan melalui email, karena saat ini Dirjen Dukcapil sudah menerapkan sistem pencetakan mandiri dengan menggunakan kertas HVS.

“Kita batasi untuk akta kelahiran, perkawinan dan akta kematian, kalau yang KK dan KTP saya batasi di Kecamatan, jadi pengusulan dan pengambilan di Kecamatan,” ujar Atang.

Untuk pembatasan sendiri, kata Atang, pelayanan di kantor dibatasi dengan menerapkan sistem antrean, dimana petugas menyediakan 250 antrean untuk pelayanan satu hari.

“Pakainya antrean, sekitar 250 pelayanan, dan yang ngurus KK sama KTP disarankan ke Kecamatan,” jelasnya.

Pelayanan melalui WA yang diterapkan sejak pandemi terjadi, masih dikatakan Atang, akan dievaluasi, karena dirasa kurang efektif.

Meskipun sudah menyiapkan beberapa nomor sesuai dengan maksud pengajuan, namun pemohon tetap membludak, sehingga pelayanan melalui WA tersebut saat ini sudah diberhentikan.

“Untuk pelayanan via WA, kemarin evaluasi membludak dan kurang ¬†efektif, jadi sudah tidak,” tandasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Layanan Via Whatsapp Tak Efektif, Disdukcapil Kembali Buka Tatap Muka Meski Dibatasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*