Wakil Ketua Komisi II Tolak Penyesuaian Tarif Perumda Tirta Giri Nata

Foto : CP-06 Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Hendi Nurhudaya SH.

KEJAKSAN РRencana penyesuaian tarif pelanggan Perumda Air Minum Tirta Giri Nata Kota Cirebon menjadi perhatian semua pihak. Pasanya, penyesuaian tarif harus sesuai dengan kepuasan layanan air bersih bagi pelanggan. Jika tidak ada survei kepuasan para pelanggan terlebih dahulu, Komisi II tidak setuju atas rencana penyesuaian tarif kepada pelanggan.

Meskipun sudah ada Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Giri Nata, Reservoir terbesar dengan kapasitas 9000 m3, dan sudah rapat dengan Komisi II DPRD soal rencana penyesuaian tarif air bersih sekalipun.

Atas hal itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Hendi Nurhudaya SH saat diwawancarai Cirebonpos di tengah kegiatannya, Kamis (12/3).

“Komisi II tidak setuju kalau tarif pelanggan dinaikan. Silahkan PDAM¬† mendata dahulu jika ingin ada kenaikan klasifikasi yang kemudian diastujui oleh pelanggan itu sendiri,” kata Hendi.

Hendi mengakui, bahwa tarif PDAM di masyarakat belum ada kenaikan. Hanya saja kenaikan klasifikasi terhadap penyesuaian tarif.

“Terdapat 54 ribu pelanggan PDAM, silahkan dilakukan pendataan klasifikasi satu persatu dan disetujui oleh mereka,” ujarnya.

Jadi, lanjut Hendi, jangan sampai merubah klasifikasi seenaknya aja, misalnya ada rumah tidak permanen menjadi permanen klasifikasinya naik dan sebagainya.

“Setelah itu baru disesuaikan dengan tarif, misalnya klasifikasi B Rp4 ribu, C Rp2 Ribu dan lainnya,” jelasnya.

Hendi pun meminta agar PDAM melakukan penyesuaian klasifikasi yang disetujui pelanggannya, sehingga tidak akan ada gejolak di masyarakat.

“Manakala warga setuju, tidak akan ada persoalan kedepannya. Kami melarang kenaikan tarif. Layani dahulu masyarakat dengan baik baru berbicara penyesuaian tarif,” tandasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Wakil Ketua Komisi II Tolak Penyesuaian Tarif Perumda Tirta Giri Nata"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*