Segera Ajukan Plt, Wakil Ketua DPRD Sebut 4 Nama Kandidat Kuat Duduki Kursi Sekwan

Foto : CP-06 Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos.

KEJAKSAN – Posisi Sekretaris DPRD Kota Cirebon akan kosong mulai Tanggal 1 Januari Tahun 2020 mendatang.

Senioritas memimpin dan cakap dalam mensinegiskan antara Eksekutif dan Legislatif menjadi syarat utama menjadi Sekwan.

4 nama ASN senior di lingkungan Pemerintah Kota Cirebon seperti Agus Mukyadi, Sumantho, Andi Armawan, dan Yoyon Indrayana menjadi kandidat kuat menduduki kursi Sekwan.

Demikian dikatakan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, M Handarujati Kalamullah SSos saat diwawancarai Cirebonpos di ruangannya, Kamis (12/12).

“Kalau dilihat senioritas di ASN, ada 4 nama yakni Agus mulyadi, Andi Armawan, Sumantho, dan Yoyon Indrayana yang memiliki senioritas dan berpeluang bisa menjadi Sekwan yang harus luwes,” kata pria yang akrab disapa Andru.

Andru mengungkapkan, minggu depan pimpinan DPRD akan melakukan rapat untuk menyusun siapa yang akan diajukan menjadi Plt Sekretaris DPRD terlebih dahulu.

“Karena sistemnya bukan open biding, nanti kami akan meminta penunjukan Plt dahulu agar rumah tangga Sekwan tidak terganggu,” ungkapnya.

Masih kata Andru, ada tiga Kabag di Sekretariat DPRD seperti Ateng, Heti, dan Agus Supriyana yang masuk di eselon III A. Salah satu dari mereka, kata Andru, akan ditunjuk menjadi Plt. Sekretaris DPRD sambil menunggu proses open biding Sekretaris DPRD definitif.

“Insya Allah mingu depan, kita gelar rapat, membuat surat dan akan segera disampaikan kepada Walikota Cirebon. Plt tidak akan jauh dari tiga nama tersebut,” ujarnya.

Kriteria menjadi Sekwan, lanjut Andru, syarat utamanya harus cakap memimpin dan cakap menegerial karena sekretaris DPRD merupakan miniatur legislatif. Secara otomatis dia harus bisa mensinergiskan antara eksekutif dengan legislatif.

“Dalam open biding Sekretaris DPRD ada kekhususan, dimana harus sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pimpinan DPRD. Jadi, ya memang unik,” jelasnya.

Nanti, lanjut Andru, ada proses open biding yang kemudian akan muncul hasilnya. Namun, sebelum diputuskan pimpinan berkirim surat sehingga dari hasil itu pimpinan menunjuk siapa yang menjadi sekwan.

“Harus benar-benar cakap, minimalnya seperti Pak Tisna cakap memimpin dan sebagainya,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Segera Ajukan Plt, Wakil Ketua DPRD Sebut 4 Nama Kandidat Kuat Duduki Kursi Sekwan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*