Fokus Lakukan Pembenahan, Pj Sekda Sebut Pemisahan Dinas Pariwisata dari DKOKP Masih Dalam Kajian

Foto : CP-06 Penjabat Sekretaris Daerah Kota Cirebon, H Anwar Sanusi MPd.

KEJAKSAN – Optimalisasi sektor pariwisata di Kota Cirebon terus dilakukan. Semua kawasan yang berpotensi akan dilakukan perbaikan secara menyeluruh Tahun 2020 mendatang.

Untuk itu semua, perlu adanya Dinas yang menangani secara khusus bidang pariwisata sehingga tidak menjadi satu pada Dinas Kebudayaan Olahraga Kepemudaan Pariwisata (DKOKP).

Meski demikian, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Cirebon, H Anwar Sanusi memastikan, pemisahan bidang pariwisata didalam DKOKP untuk menjadi Dinas tersendiri memerlukan kajian yang serius.

Demikian dikatakan oleh Anwar saat di wawancarai oleh Cirebonpos saat di temui di Balai Kota Cirebon, Jumat (18/10).

“Masih dalam kajian untuk pemisahan bidang pariwisata menjadi dinas sendiri. Ini pun menunggu barang kali ada nomenklatur baru dari pusat karena akan ada pelantikan presiden yang baru,” kata Anwar.

Anwar mengungkapkan, biasanya akan ada perubahan nomenklatur dari pemerintah pusat apakah masih disatukan ataupun dipisah. Namun, kajian-kajian pemisahan masih di pelajari oleh Pemerintah Kota Cirebon

“Bagaimana manfaatnya, bagaimana kerugiannya semua di pelajari,” ungkapnya.

Masih kata Anwar, seperti halnya Yogyakarta yang sangat maju dan terfokus pada pariwisatanya. Kota Cirebon tidak memiliki objek wisata dimana hanya memiliki keraton saja.

“Yang sedang ditata sekarang kota wisata niaga dengan revitalisasi komplek BAT yang diupayakan menjadi daerah wisata di Kota Cirebon,” ujarnya.

Anwar menjelaskan, dirinya menyakini akan banyak ikon pariwisata di Kota Cirebon setelah semua diperbaiki. Umtuk itu, beban kerja pariwisata harus dimaksimalkan sehingga bisa menjadi satu peluang yang memgangkat PAD.

“Akan banyak dampak jika pariwisata meningkat. Anggaran pariwisata tahun depan meningkat di tahun depan. Dituntut suatu kreatifitas mengangkat semua itu, apakah dari CSR atau yang lainnya,” jelasnya.

Anwar menuturkan, dipisah atau tidaknya bidang pariwisata menjadi dinas tersendiri tergantung pada hasil kajian ilmiahnya.

“Kita lihat saja nanti, apakah ada perubahan nomenklatur atau tidak dari pemerintah pusatnya,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Fokus Lakukan Pembenahan, Pj Sekda Sebut Pemisahan Dinas Pariwisata dari DKOKP Masih Dalam Kajian"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*