Perencanaan Pembangunan Gedung Setda 8 Lantai Kewenangan DPUPR, Anggota Komisi II Pertanyakan Kinerja KPA

Foto : CP-06 Pembangunan Gedung Setda 8 Lantai.

KEJAKSAN – Hasil pembangunan Gedung Setda 8 Lantai Pemerintah Kota Cirebon yang menggunakan APBD Rp86 miliar yang belum rampung secara menyeluruh, membuat perhatian semua pihak. Pasalnya, setelah sebelumnya PPTK pembangunan gedung setda menyesalkan perencanaan awal yang dibuat oleh Bagian Umum Setda masih banyak kekurangan. Kini, Anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon, H Watid Shahriar justru mempertanyakan kinerja apakah KPA mengkaji ulang dan mengevaluasi perencanaan awal pembangunan Gedung Setda 8 Lantai tersebut.

”Seharusnya, KPA sebelum dilelang, dikaji ulang dan di evaluasi perencanaan awal itu, karena kewenangan PU. Saya kira, PU tidak melakukan itu dan langsung saja mengeluarkan IMB,” kata Watid kepada Cirebonpos melalui sambungan telepon, Selasa (23/10).

Watid juga mengungkapkan, sebelum mengeluarkan IMB, terlepas perencanaan awal yang membuatnya dari siapapun, Dinas PUPR harus mengkaji dan dihitung ulang terlebih dahulu atas gambar yang masuk pada perencanaan awal dihitung kembali.

”Setelah dikaji, betul tidak perhitungannya kalau tidak benar, DPUPR wajib memberikan saran apa-apa saja yang kurang,” ungkapnya.

Masih kata Watid, bangunan Gedung Setda yang telah dikerjakan disesuaikan dengan gambar yang ada pada IMB. Saat ini, kata dia, jika dalam perubahan perencanaan untuk kebaikan, tidak menjadi masalah seperti menggunakan besi 16 yang diganti besi 18. Akan tetapi, jika dikurangi tidak boleh karena harus sesuai perencanaan.

”Kalau DPUPR menyalahkan perencanaan awal, tidak bisa. Karena yang mengevaluasi dan memberikan IMB nya DPUPR,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Watid, setelah IMB keluar pun pengawas pekerjaan sebaiknya menghitung bagaimana material bangunan. Ketika, kata dia, saat ini ada banyak penyimpangan perlu untuk segera banyak perbaikan.

”Ketika didalam proses ada hal yang tidak baik, kami akan menegur. Akan tetapi, saya kira eksekutif sudah menjalankan tugasnya,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Perencanaan Pembangunan Gedung Setda 8 Lantai Kewenangan DPUPR, Anggota Komisi II Pertanyakan Kinerja KPA"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*