Bawaslu Kabulkan Gugatan PPP Sebagian, Ketua KPU Siap Laksanakan Putusan

Foto : CP-06 SIDANG PUTUSAN. Sidang putusan Adjudikasi digelar di Bawaslu Kota Cirebon di Ruang Adipura Balaikota, Jumat (12/10).

KEJAKSAN – ┬áBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Cirebon mengabulkan sebagian permohonan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terkait salah satu calegnya atas nama Moch Ikhwan, yang tidak masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang ditetapkan oleh KPU Kota Cirebon. Melalui sidang Adjudikasi dengan agenda pembacaan putusan yang dilaksanakan di Ruangan Adipura, Balaikota Cirebon, Jumat (12/10).

Majelis Hakim adjudikasi yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kota Cirebon, M Joharudin didampingi Anggota Supriyan dan Devi Siti Sihatul Afiah menyampaikan putusan Nomor: 01/ PS. Reg/ 13.06/ IX/ 2018 terkait hal tersebut.

Johar menyampaikan, bahwa berdasarkan berbagai pertimbangan, dengan mengacu kepada Peraturan Badan Pengawas Pemilu (Perbawaslu) Nomor 27/2018 tentang Tata Cara Penyelesaian Sengketa Pemilu, majelis hakim Adjudikasi memutuskan untuk menerima sebagian tuntutan yang dilayangkan DPC PPP Kota Cirebon yang dalam hal ini ada pada posisi pemohon.

“Tadi sudah kita bacakan putusan. Dan dari berbagai pertimbangan memutus untuk menerima sebagian, membatalkan keputusan KPU sepanjang soal nama yang bersangkutan yang diajukan pemohon yang ada di DCS,” kata Johar.

Dalam amar putusan yang dibacakan, kata Johar, yang bersangkutan (Moch Ikhwan, red) diberikan waktu dalam satu hari kerja untuk mempublikasikan hal yang menjadi persoalan ia tidak masuk dalam DCT yang di SK kan oleh KPU. Untuk kemudian, hasil publikasi itu dilaporkan kepada KPU untuk diproses lebih lanjut.

“Yang bersangkutan harus memberikan keterangan kepada publik dalam waktu satu hari kerja, lalu melapor kepada KPU. Dan KPU punya waktu dua hari untuk memproses itu,” paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Cirebon, Dr Didi Nursidi menambahkan, sesuai dengan amar putusan yang dibacakan, pihaknya akan menerima dan segera melaksanakan putusan sebagaimana amar yang dibacakan hakim majelis pada sidang Adjudikasi.

“Kita sudah dengarkan putusan tadi, dan KPU ada dalam posisi termohon, kita tentu akan mengeksekusi putusan itu,” ungkap Didi.

Akan tetapi, lanjut Didi, menurut diktum pada amar putusan yang dibacakan, KPU hanya akan menindaklanjuti jika yang bersangkutan sudah melaksanakan diktum sebelumnya, yakni memberikan pernyataan kepada publik.

“Setelah pemohon melaksanakan diktum dalam putusan, yakni publikasi atas petikan putusan pidana yang sudah dijalan. Kita akan melakukan pleno terbuka, merubah SK Nomor 129 tentang penetapan DCT, tidak mengubah keseluruhan, hanya sepanjang mengenai saudara M Ikhwan saja,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kota Cirebon, Kusnadi Nuried mengatakan, apa yang sudah pihaknya sampaikan sejak mediasi sampai hasil putusan hari ini adalah benar apa adanya yang tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang ada.

”Kuncinya ada di pihak kepolisian, karena memang SKCK sejak awal tidak bermasalah. Kalau bernasalah pada saat DCS harusnya sudah disampaikan,” kata Nuried.

Nuried mengungkapkan, bahwa KPU harus melaksanakan putusan Bawaslu dan partai akan mempersiapkan apa-apa saja sesuai yang ada pada amar putusan. Salah satunya Moch Ikhwan harus membuat publikasi ke media dengan segera.

”Moch Ikhwan akan tetap pada nomor urut 5, dan hasil publikasi akan partai sampaikan kepada KPU,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Bawaslu Kabulkan Gugatan PPP Sebagian, Ketua KPU Siap Laksanakan Putusan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*