Jelang Pileg dan Pilpres, Satpol PP Minta APK Tak Kotori Keindahan Kota

Foto : CP-06 Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Andi Armawan.

KEJAKSAN – Memasuki tahapan pesta demokrasi, Pileg maupun Pilpres 2019 selalu menyisakan masalah yang menganggu ketertiban dan keindahan umum di masyarakat, yakni sisa-sisa Alat Peraga Kampanye (APK) dari para calon seusai pesta demokrasi selesai dilaksanakan.

Selain menjadi tanggung jawab penyelenggara, persoalan APK yang terpasang dalam jumlah besar di seluruh sudut kota, juga menjadi tanggung jawab SKPD yang menangani persoalan ketertiban umum, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, Andi Armawan mengakui, pembersihan APK sisa-sisa pesta demokrasi selalu menjadi persoalan yang harus diselesaikan pihaknya.

Bukannya lepas dari tanggung jawab, kata dia, alangkah lebih eloknya jika semua pihak ikut memberikan perhatian terhadap permasalahan keindahan kota yang terganggu oleh APK. Sehingga  pesta demokrasi tidak menyisakan persoalan baru.

“Tadi kita sudah rapat terkait persiapan Pilpres dan Pileg. Terus terang saja, pengalaman yang sudah kita alami saat Pilwalkot, dalam hal APK ini kerja Satpol PP cukup berat. Terutama saat-saat penertiban, APK itu jangan sampai menganggu keindahan kota,” kata Andi kepada Cirebonpos, Selasa (18/9).

Pasca Pilkada bulan Juni lalu, lanjut dia, Andi mengilustrasikan, dari dua pasangan calon, APK yang terpasang dan ditertibkan begitu menggunung, dan ada peran Satpol PP disitu.

“Kita bayangkan, kemarin dua calon, gambar tidak begitu banyak tetapi kami kewalahan. Sekarang calon legislatif dari Kota, Provinsi, DPR-RI, DPD dan Presiden, tidak kebayang APK akan sebanyak apa,” ujarnya.

Pekerjaan besar untuk menertibkan APK ini, menurut Andi, tidak sebanding dengan anggaran yang diberikan kepada Satpol PP. Sehingga, ia meminta kepada pihak terkait, agar mulai sadar dan bertanggung jawab terhadap APK yang dipasangnya. Minimal para caleg bisa tertib, jika selesai masa kampanye mereka sadar untuk menurunkan APK yang mereka pasang.

“Penertiban APK ini pekerjaan besar. Sementara anggaran yang diberikan jauh dari apa yang harus kami laksanakan. Ini juga membuat kami harus berfikir bagaimana caranya teman-teman dan komponen yang membantu kami melakukan penertiban, agar bisa dianggarkan,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Jelang Pileg dan Pilpres, Satpol PP Minta APK Tak Kotori Keindahan Kota"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*