Turut Serta Jadi Tim Pembahas, Rektor Unswagati Apresiasi Kepercayaan DPD RI

Foto : CP-02 Rektor Unswagati Cirebon, Dr H Mukarto Siswoyo.

KESAMBI – Rektor Unswagati Cirebon Dr H Mukarto Siswoyo Drs MSi menyambut baik kunjungan dan kepercayaan DPD RI terkait dengan Uji Sahih RUU Penerimaan PAD, Selasa (4/9).

Dalam kesempatan itu, Mukarto menyebutkan, salah satu bentuk kepercayaan DPD RI kepada Unswagati. Dimana kampus tersebut dipilih untuk melakukan Uji Sahih RUU Penerimaan PAD.

Selanjutnya, kata Mukarto, Unswagati pun turut serta dalam tim pembahas terkait dengan RUU tersebut. Masih kata dia, potensi daerah harus terus di gali untuk PAD sangat besar peluangnya bagi Wilayah III Cirebon.  Jika melihat terdapat porensi wilayah garis pantai, pertanian dan juga kawasan industri baik jasa maupun lainnya.

“Kalau Pemda diminta untuk meningkatkan PAD, maka yang tegambar dibenaknya hanya pajak, retribusi dan biaya perizinan. Dudah seharusnya kreatif, inovatif untuk memanfaatkan potensi yang ada,” paparnya, Selasa (4/9).

Masih kata dia, perkembangan Kota Cirebon yang sangat cepat dan dirinya melihat jika pemerintah daerah kurang tanggap untuk melihat potensi yang ada. Pasalnya, target PAD sangat rendah dikatakannya karena pemda hanya mencari aman kurang mampu berspekulasi dalam meningkatkan pendapatannya.

“Terlebih lagi, pemda sampai dengan saat ini masih kurang berdiskusi dengan akadmisi untuk meningkatkan PAD,” paparnya.

Mukarto pun mengungkapkan, bila DPRD pun kurang mampu mengawal pemda. Dimana, sejauh ini PAD masih tetap secara angka meskipun terdapat beberapa persen peningkatan disetiap tahunnya. Namun demikian, hal tersebut belum mampu memaksimalkan potensi dan pemda sudah seharusnya jeli melihat perkembangan yang ada. (CP-02)

Be the first to comment on "Turut Serta Jadi Tim Pembahas, Rektor Unswagati Apresiasi Kepercayaan DPD RI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*