Pentingnya Pendidikan Agama, Lili Eliyah Gelar Sosialisasi Penyebarluasan Perda Penyelenggaraan Pesantren

CIREBON – Anggota Komisi III DPRD Jawa Barat Fraksi Golkar Lili Eliyah SH MM menggelar sosialisasi penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Pesantren di Desa Pasalakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon,┬áSenin (3/4).

Jawa Barat yang diketahui dan dikenal dengan daerah religius. Terbukti dengan banyaknya sebaran pesantren di Jawa Barat. Sekitar 28 persen pesantren di Seluruh Indonesia ada di Jawa barat.

“Jawa Barat ini memiliki 12.000 Pesantren, Itu yang terdata belum yang tidak terdata. Jadi ketika reses juga banyak masukan tentang pendidikan agama di Masyarakat khususnya soal pesantren nah sekarang sudah ada perdanya,” kata Lili.

Lili mengungkapkan, Perda ini diciptakan untuk kemandirian pesantren, pasalnya tidak selamanya pemerintah terus memberikan bantuan kepada pesantren. Jadi dengan adanya perda pesantren ini setidaknya bisa membantu pesantren untuk mengembangkan pesantrennya lebih baik lagi.

“Nantinya pesantren bisa mandiri dan lulusan pesantrennya sendiri bisa mandiri. Perda ini adalah kepedulian Anggota DPRD Jawa Barat terhadap pesantren,” ungkapnya.

Menurut Lili, Dengan perda ini nanti data pesantren ini terintegrasi di Provinsi Jawa barat, pasalnya kebutuhan dan kondisi pesantren akan terdata serta pemerintah bertanggungjawab atas penyelenggaraan pesantren.

“Harapan saya pesantren bisa melek aturan, bahwa ada perda Pesantren di jawa Barat tentang penyelenggaraan pesantren. Ketika membutuhakan sarana dan prasaran ataupun anggaran, maka sistem dan mekanismenya bantuan harus ditempuh oleh pengelola pesantren tersebut,” paparnya.

Selain itu, lanjut Lili, dengan lahirnya Perda Pesantren ini, dirinya berharap secara afirmasi, secara bentuk penghargaan dan untuk kebutuhan fasilitasinya, minimal terjadi pemerataan untuk semua lembaga pendidikan yang berbadan hukum.

“Disamping itu juga agar serapan-serapan APBD bisa dirasakan oleh pendidikan non formal ini. Jadi, bukan hanya untuk formal saja, itu intinya kearah sana,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Pentingnya Pendidikan Agama, Lili Eliyah Gelar Sosialisasi Penyebarluasan Perda Penyelenggaraan Pesantren"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*