Terus Berkontribusi Nyata, Pemkot Cirebon Gelar Festival UMKM

Foto : CP-06 FESTIVAL UMKM. Sekda Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi hadiri Festival UMKM bersama dinas terkait di Grage City Mall, Minggu (2/10).

LEMAHWUNGKUK – Festival UMKM merupakan upaya nyata Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon untuk pemberdayaan UMKM.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs Agus Mulyadi MSi saat membuka kegiatan Festival UMKM di Grage City Mall (GCM), Minggu (2/10).

“Festival UMKM yang dirangkai dengan sepak bola berjalan kaki ini merupakan upaya nyata dari Pemda Kota Cirebon memberdayakan UMKM,” tutur Agus.

Pemberdayaan UMKM juga diamanatkan pasal 60 ayat (1) Peraturan Pemerintah No 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan dan pemberdayaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah.

Sebanyak 60 pelaku UMKM yang merupakan binaan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon turut serta pada kegiatan ini yang telah dimulai sejak 30 September dan berakhir 16 Oktober 2022.

Pada kesempatan itu Agus mengimbau kepada seluruh masyarakat termasuk perangkat daerah untuk datang dan meramaikan festival UMKM ini. Sehingga perekonomian bisa kembali pulih. “Kegiatan ini menunjang pemulihan ekonomi,” tutur Agus.

Terlebih, Festival UMKM juga dirangkaikan dengan kegiatan yang menarik yaitu main bola berjalan kaki di dalam mall. “Festival UMKM ini juga memperkenalkan sepakbola berjalan kaki kepada masyarakat sebagai cabang olahraga rekreasi masyarakat,” tutur Agus.

Pada kesempatan itu Agus juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dan bekerja sama, sehingga terobosan kreatif dari DKUKMPP ini bisa terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan kunjungan ke UMKM sekaligus menggiatkan olahraga di masyarakat.

“Sehingga sehat, bugar dan bahagia,” tutur Iing. Melalui kegiatan ini diharapkan UMKM bisa kembali bangkit dan tidak boleh sakit.

Ada pun sepakbola berjalan kaki di mall diikuti oleh 32 tim putra dan 10 tim putri dan digelar mulai pukul 16.30 WIB. “Semoga dengan kegiatan berolahraga dapat memotivasi untuk bahagia,” tutur Iing. (CP-06)

Be the first to comment on "Terus Berkontribusi Nyata, Pemkot Cirebon Gelar Festival UMKM"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*