Harus Miliki Kapasitas Perencanaan dan Keuangan, Asep Dedi: Tinggal Bagaimana Selera Pimpinan

Foto : CP-06 Mantan Sekda Kota Cirebon, H Asep Dedi MSi

KEJAKSAN – Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon definitif diharuskan memiliki kemampuan dalam mengelolan perencanaan dan keuangan.

Disisi lain, pengalaman menjabat di beberapa SKPD pun menjadi faktor utama untuk memastikan jalannya pemerintahan di Kota Cirebon.

Demikian dikatakan oleh Mantan Sekda Kota Cirebon, H Asep Dedi MSi saat diwawancarai Cirebonpos di tengah kegiatannya, Senin (8/6).

“Paling tidak, Sekda itu ASN yang senior dari segi pengalaman dan pernah menjabat di beberapa SKPD,” kata Asep.

Kemudian, lanjut Asep, calon Sekda juga harus sudah menguasai pengelolaan anggaran dan perencanaan serta mengkoordinir semua bidang pemerintahan yang ada.

“Minimal menjabat di 2 SKPD syarat menjadi Sekda. Kalau hanya satu SKPD,┬áminim pengalaman. Baiknya lebih dari 2 menjabat sebagai kepala SKPD,” ujarnya.

Asep mengungkapkan, yang terpenting Sekda definitif itu ASN yang pernah menjabat di perencanaan dan keuangan. Kemudian, kata dia, Kriteria menjadi Sekda sudah ada pada kepala SKPD yang saat ini menjabat.

“Tinggal bagaimana selera pimpinan. Karena Sekda sebagai kunci di pemerintahan,” jelasnya.

Semua persoalan, menurut Asep, tumpuannya ada pada Sekda. Maka dari itu, Sekda harus menguasai perencanaan dan keuangan. Tinggal bagaimana calon Sekda bisa menguasai semuanya.

“Uji kompetensi melihat dari segi kompetensinya. Yang penting pengalaman di bidang perencanaan dan keuangan,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Harus Miliki Kapasitas Perencanaan dan Keuangan, Asep Dedi: Tinggal Bagaimana Selera Pimpinan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*