Mudahkan Administrasi Kependudukan Warga, Pemkot Siapkan Aplikasi Sedulur di Tingkat Kelurahan

Foto : Ist Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Ma'ruf Nuryasa.

KEJAKSAN – Pemerintah Kota Cirebon terus melakukan terobosan dan inovasi dalam rangka memaksimalkan layanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Kota Cirebon.

Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon terus menyiapkan kemudahan bagi siapa saja yang akan mengurus administrasi kependudukan di Kota Cirebon.

Salah satunya dengan aplikasi Sedulur dimana dirancang sebagai layanan terpadu tingkat kelurahan dengan hanya menggunakan satu aplikasi saja.

Demikian dikatakan oleh Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa saat diwawancarai oleh Cirebonpos ditengah kesibukannya, Kamis (26/12).

“Jadi, satu keperluan masyarakat, Kelurahan dapat meringkas prosesnya hanya dua menit. Sehingga data base kependudukan real time dan terintegrasi dengan Kecamatan,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengungkapkan, aplikasi Sedulur sudah mulai dijalankan oleh Kecamatan Harjamukti sejak Tahun 2017 lalu. Kemudian, kata dia, Kecamatan Lemahwungkuk serta Kecamatan Kesambi menjalankannya Tahun 2019 ini.

“Tahun depan Kecamatan Pekalipan akan mulai menjalankan aplikasi Sedulur, sehingga semua pelayanan masyarakat bisa cepat dan mudah,” ungkapnya.

Atas hal tersebut, lanjut Ma’ruf, Kelurahan maupun RW bisa fokus kepada keterampilan lain yang bisa menghasilkan suatu prestasi.

“Misalnya saja RW 8 Merbabu Asih Kelurahan Larangan sebagai Kampung Proklim,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata Ma’ruf, RW 10 Malabar Kelurahan Kecapi serta RW 17 Kriyan Kelurahan Kasepuhan sebagai Kampung Batik yang bisa diangkat pemberdayaan masyarakat nya.

“Mereka bisa menjadi RW yang inspiratif dan kreatif, sehingga bisa menjadi karakter sendiri untuk menjadi percontohan bagi yang lain,” paparnya

Ma’ruf juga menuturkan, layanan administrasi tingkat RW pun sudah dan akan terintegrasi ditingkat Kelurahan. Sehingga pembuatan surat hanya melalui Smartphone saja

“Kami berikan pelayanan dengan mudah dan cepat kepada masyarakat. Sehingga baik tingkat RW maupun Kelurahan bisa memunculkan kreatifitas lainnya untuk menjadi karakter sendiri yang inovatif,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Mudahkan Administrasi Kependudukan Warga, Pemkot Siapkan Aplikasi Sedulur di Tingkat Kelurahan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*