Terus Patroli, Satpol PP Gencar Sosialisasi Penataan dan Pemberdayaan PKL

Foto : CP-06 PATROLI. Nampak Kasi Tibum Transmas Satpol PP Kota Cirebon, Asep Kurnia lakukan patroli rutin kepada para PKL di beberapa ruas jalan utama, Rabu (17/10).

KEJAKSAN – ┬áSatuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon tak bosan-bosan melakukan Patroli Pedagang Kaki Lima (PKL) di ruas-ruas jalan protokol, dimana dua dari enam ruas jalan yang ditetapkan sebagai kawasan bebas dari PKL, yakni jalan Siliwangi dan Kartini dijadikan fokus utama dalam tahap awal penertiban,┬áRabu (17/10).

Para petugas penegak perda kembali bergerak melakukan patroli sembari terus memberikan sosialisasi kepada para pedagang yang masih ditemukan berjualan diatas trotoar.

Kasi Tibum Tranmas Satpol PP Kota Cirebon, Asep Kurnia mengatakan, pihaknya tidak akan pernah bosan melakukan patroli selama masih ada pedagang yang nakal dan nekad berjualan ditempat-tempat yang dilarang menurut Perda.

“Kegiatan rutin, patroli di jalan Kartini sama Siliwangi, sekaligus sosialisasi bahwa kedepan kita akan lebih tegas,” kata Asep kepada awak media.

Kedepan, kata Asep, Satpol PP akan lebih tegas kepada para pedagang dengan akan menerapkan operasi yustisi. Dimana, hal tersebut sudah tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2016 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL di Kota Cirebon.

“Sebelum pelaksanaannya, kita sudah dua kali sosialisasi, pelaksanaan perda 02 Tahun 2016 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL di Kota Cirebon,” jelasnya.

Sebagaimana bunyi aturan yang tertulis dalan perda tersebut, lanjut Asep, setelah sosialisasi dijalankan, para pedagang yang masih nakal akan disanksi dan kena operasi yustisi. Dimana menurut Perda, mereka akan dikenakan denda dengan besaran bervariasi, mulai dari denda sebesar Rp500 ribu.

“Yustisi PKL itu, nanti ada denda Rp500 ribu untuk pedagang yang berdagang diatas trotoar, saat ini masih tahap sosialisaai. Tahapnya itu sosialisasi, pendataan terus pelaksanaan,” ujarnya.

Namun demikian, kata Asep, dilihat dari hasil patroli hari ini, para pedagang memang terlihat mulai sadar. Di sepanjang jalan Kartini dan Siliwangi, hanya terciduk beberapa pedagang yang masih mangkal di trotoar. Dan itupun langsung di berikan pengarahan dan langsung diminta pindah.

“Alhamdulillah, ada perubahan. Ini agak mending, sudah tidak ada lapak permanen, hanya beberapa dorongan saja. Di jalan Kartini juga memang sedikit, banyak yang sudah masuk gang, karena kita arahkan kesana,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Terus Patroli, Satpol PP Gencar Sosialisasi Penataan dan Pemberdayaan PKL"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*