Kreatif dan Inovatif, Alfarabi Smart Festival 2024 Berjalan Semarak

Foto : Ist Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto SPd MM saat memberikan sambutan di acara Al Farabi Smart Festival (ASF) 2024.

SUMBER – Al Farabi Smart Festival (ASF) Tahun 2024 berjalan sukses lewat Pentas Seni -Sains Fair-Market Day dengan mengedepankan pendidikan kreatif dan inovatif melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila “Bhineka Tunggal Ika” .

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Ketua dan Pengurus Yayasan Bina Ummah, Kepala Sekolah SDSI Al Farabi dan jajarannya serta tamu undangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H Ronianto SPd MM dalam sambutannya mengatakan, SD Sains Islam Al Farabi merupakan sekolah swasta, namun mampu menorehkan prestasi yang luar biasa di Kabupaten Cirebon ini. Dan, kata dia, SDSI Al Farabi dalam acara ASF kali ini mengambil tema P5 Bhineka Tunggal Ika.

“Semoga ini bisa menjadi parameter untuk anak-anak kita bisa mencintai negaranya dan juga negara-negara yang ada di dunia. Semoga dengan agenda ASF ini bisa menjadi kolaborasi yang baik antara guru dan orang tua dan bisa mengembangkan minat bakat anak-anak,” ujar H Ronianto.

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Sains Islam (SDSI) Al Farabi, H Nasirudin menjelaskan, kegiatan ASF tahun ini dalam rangka menciptakan suasana belajar yang penuh semangat dan inspiratif bagi siswa melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila “Bhineka Tunggal Ika” .

“Al Farabi Smart Festival (ASF) menjadi wadah bagi siswa untuk mengeksplorasi potensi dan bakat para siswa. Melalui berbagai kegiatan seperti pentas kreasi seni, market day, sains, kami berusaha mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan siswa,” ujar H Nasirudin.

Nasirudin juga menyoroti pentingnya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan di luar kurikulum reguler. “Pendidikan tidak hanya tentang pembelajaran akademis, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kemampuan kreatif siswa. Al Farabi Smart Festival menciptakan momen berharga untuk itu,” tambahnya.

Nasirudin juga mengungkapkan, bahwa partisipasi siswa dalam berbagai kreasi seni dan pameran di festival ini mencerminkan semangat dan potensi yang tinggi. “Kami melihat semangat kerjasama antarsiswa, para guru dan orang tua siswa dalam mensukeskan kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa pendidikan di SDSI Al Farabi tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga melatih keterampilan sosial dan tim,” ungkapnya.

Selain itu, beliau menekankan bahwa peran guru dan orang tua sangat penting dalam mendukung perkembangan siswa. “Guru sebagai fasilitator pembelajaran dan orang tua sebagai pendukung di rumah memiliki peran kunci dalam membimbing siswa menuju prestasi maksimal. Keterlibatan mereka dalam Al Farabi Smart Festival turut berkontribusi besar terhadap kesuksesan acara ini,” tegasnya.

Al Farabi Smart Festival tidak hanya menjadi ajang menggali potensi dan kreatifitas, tetapi juga sebagai sarana penumbuhan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap pembelajaran. H Nasirudin berharap, semangat ini akan terus membawa dampak positif dalam perjalanan pendidikan di SDSI Al Farabi. “Kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan acara pendidikan yang memotivasi dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa,” tutupnya. (CP-10)

Be the first to comment on "Kreatif dan Inovatif, Alfarabi Smart Festival 2024 Berjalan Semarak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*