Terus Maksimalkan Cirebon Smart City, Pemkot Ajak Seluruh Instansi Pasang CCTV Terintegrasi

Foto : CP-06 Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma'ruf Nuryasa AP

KEJAKSAN – Pemerintah Daerah Kota Cirebon mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Cirebon.

Hal itu dapat dilakukan dengan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) yang terintegrasi dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) dan Kepolisian.

Demikian dikatakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cirebon, Drs Sutisna MSi usai membuka Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Mewujudkan Kota Cirebon yang Tenteram, Tertib dan Kondusif, di salah satu hotel di Kota Cirebon, Selasa (17/12).

“Sinergi dengan semua pihak terkait dibutuhkan untuk pemasangan CCTV ini, Khususnya CCTV yang terintegrasi dengan DKIS dan Polres Cirebon Kota (Ciko),” kata Sutisna.

Dengan luas Kota Cirebon yang tidak terlalu besar, Sutisna yakin pemasangan CCTV ini tidak membutuhkan waktu lama. Pemasangan CCTV, khususnya di ruas jalan protokol, sangat dibutuhkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta penanggulangan tindakan kriminalitas yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

“Beberapa waktu lalu, terjadi tindakan kriminalitas di ruas Jalan Ciptomangunkusumo, jadi perlu ditambah pengamanannya,” ungkapnya.

Walaupun bisa ditanggulangi dengan cepat, kata dia, kejadian tersebut membuktikan perlunya pemasangan CCTV baik dari pemerintah daerah maupun swasta yang terintegrasi.

“Saya mengajak kepada seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah, instansi swasta dan masyarakat yang berada di sepanjang jalan protokol untuk memasang CCTV yang terintegrasi dengan jaringan Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota,” jelasnya.

CCTV yang terintegrasi dengan DKIS dan Polres Cirebon Kota menurut Sutisna, saat ini sudah sangat memungkinkan. Apalagi, 2018 lalu, Pemda Kota Cirebon telah menerbitkan Peraturan Walikota Cirebon Nomor 33 tentang penyediaan dan pemasangan CCTV pada instansi pemerintah, swasta dan masyarakat di wilayah Kota Cirebon.

“Pemasangan CCTV yang terintegrasi diharapkan penanganan gangguan ketenteraman serta ketertiban umum bisa dilakukan dengan optimal,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP menjelaskan, salah satu elemen dalam konsep Cirebon Smart City yaitu Smart Living.

“Tujuannya untuk mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman dan efisien,” kata Ma’ruf.

Untuk mewujudkannnya, menurut Ma’ruf salah satunya dengan terus berupaya untuk meningkatkan ketenteraman, ketertiban dan kondusifitas di Kota Cirebon.

“Pemasangan teknologi informasi, berupa CCTV yang sudah terintegrasi segera terealisasikan,” ujarnya.

Ma’ruf berharap, bisa mensinergikan seluruh stakeholder dalam upaya meningkatkan ketenteraman dan ketertiban umum, yaitu dengan menyediakan akses pemantauan ruang publik menggunakan teknologi informasi berupa CCTV yang terintegrasi.

Dengan mengintegrasikan seluruh CCTV yang mengarah ke ruang publik, Ma’ruf yakin penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Cirebon dapat ditangani dengan cepat, efektif dan efisien.

“Kita akan maksimalkan pemasangan CCTV yang berintegritas,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Terus Maksimalkan Cirebon Smart City, Pemkot Ajak Seluruh Instansi Pasang CCTV Terintegrasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*