Bangunkan Semangat Peran Pemuda, HIMAGARA Unswagati Gelar Seminar Nasional

Foto : CP-02 SEMINAR NASIONAL. HIMAGARA FISIP Unswagati Cirebon gelar seminar nasiolan tentang kepemudaan dan pembangunan di era digital, Senin (12/11) di Auditorium Unswagati.

KESAMBI – Dalam rangka membangun kembali semangat pemuda dalam keikutsertaan perannya dalam ranah pemerintahan, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMAGARA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pokitik Unswagati Cirebon menggelar acara seminar nasional¬† dengan mengangkat tema “Efektivitas Peran Pemuda Dalam Optimalisasi E-Goverment di Era Digitalisasi” bertempat di ruang Auditorium Kampus Utama Unswagati, Senin (12/11).

Ketua Pelaksana Seminar, Shara Maharani menyebutkan, dalam pelaksanaan seminar nasional ini turut mengundang Ketua KNPI Jawa Barat Rio Febrian SH MA Wanantara, Wakil Rektor III Unswagati Bidang Kemahasiswaan Dr Ipik Permana SIP MSi dan Drs Agus selaku Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga DKOKP Kota Cirebon.

“Kami menginisiasi acara ini untuk memberikan ruang kepada pemuda, khususnya mahasiswa agar lebih aktif dalam keterlibatannya untuk pengawalam sistem E-goverment,” ungkapnya.

Selain itu, dijelaskan pula olehnya bila dalam era digitalisasi ini pemuda pun harus mampu memanfaatkan peran digitalisasi dalam menopang kegiatan kesehariannya.

Terlebih lagi, kata dia, mengingat pemuda saat ini dikatakannya sangat aktif dalam pemanfaatan digitalisasi. Namun, sudah seharusnya pemuda pun harus mampu memberikan pengawasan pada pelaksanaan E-goverment. Dimana, lanjut dia,  hal itu untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk memudahkan dalam pengelolaan pemerintahan. Apalagi, saat ini Kabupaten/Kota Cirebon sudah menuju Smart City.

“Kembali kepada sistem E-Goverment yang saat ini bertujuan untuk memudahkan bentuk pelayanan dan untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan pemerintahan,” ujarnya.

Acara seminar yang dihadiri oleh mahasiswa kurang lebih sebanyak 350 orang itu pun diapresiasi oleh salah satu peserta seminar, Muhamad Syahrul Iskandar yang saat ini tercatat sebagai Mahasiswa Semester 3 mengungkapkan, acara yang diselenggarakan ini mampu memberikan materi yang informatif. Dimana, kata dia, para pemateri dapat memberikan pembahasan yang segar.

“Saya sebagai mahasiswa yang terhitung baru, bisa tau seperti apa soal peran pemuda dalam optimalisasi E-Goverment. Terlebih lagi, materinya sangat bermanfaat bagi saya,” ujarnya. (CP-02)

Be the first to comment on "Bangunkan Semangat Peran Pemuda, HIMAGARA Unswagati Gelar Seminar Nasional"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*