Jenjang SD ke SMP, Kadisdik: PPDB Tahap 1 Dimulai Besok

Foto : CP-06 Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Hj Kadini SSos

KESAMBI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis online tahap 1 Tahun Pelajaran 2024/2025 dari jenjang SD ke SMP Negeri dimulai pada Selasa, (25/6).

Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini SSos saat diwawancarai Cirebonpos di sela-sela kegiatannya.

“Tidak seperti jenjang SMA Negeri yang kini sudah memasuki pendaftaran tahap 2, jenjang SMP Negeri tahap 1 khususnya di Kota Cirebon baru akan dimulai Selasa hingga Jumat (25-28/6),” kata Kadini.

Tahap 1 ini, lanjut Kadini, secara aturan akan mempersiapkan kuota bagi calon peserta didik baru sebesar 50 persen yang terbagi menjadi beberapa jalur seperti jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM), Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK), dan anak guru sebanyak 15 persen.

“Selain itu, ada jalur prestasi nilai raport 10 persen, prestasi kejuaraan akademik 5 persen, prestasi estetika 5 persen, prestasi kejuaraan olahraga 10 persen, dan yang terakhir ada jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen,” jelasnya.

Setelah tahap 1 pendaftaran selesai dilakukan, kata Kadini, barulah pihak sekolah memverifikasi pada 29-30 Juni 2024. Setelah itu, pengumuman hasil penerimaan tahap 1 dilakukan pada 1 Juli yang dilanjutkan dengan masa daftar ulang 2-3 Juli 2024.

“Kita harapkan di PPDB tahun ini seluruh SMP bisa mendapatkan siswa sesuai dari kuota atau rombel yang dipersiapkan dari sekolah masing-masing,” paparnya.

Diakui Kadini, pihaknya tidak menampik bahwa masih terdapat calon siswa atau orang tua siswa yang masih menginginkan bisa masuk di sekolah yang diharapkan atau favorit.

“Kami sudah mensosialisasikan semua sekolah negeri sama, SMP-SMP yang minim siswa juga sudah mensosialisasikan terkait sekolahnya. Namun, kembali lagi kepada hak masyarakat untuk sekolah dimana,” tandasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Jenjang SD ke SMP, Kadisdik: PPDB Tahap 1 Dimulai Besok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*