Dihadapan Mahasiswa IPB, Sekda Harapkan KKN-T Bisa Bantu Selesaikan Persoalan Cirebon

Foto : CP-02 KKN-T IPB. Nampak Sekda Cirebon memberikan arahan dan sambutan dihadapan mahasiswa KKN-T IPB yang akan praktek di Cirebon, Selasa (18/6).

CIREBON – Plt Bupati Cirebon yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno menerima sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di wilayah Kabupaten Cirebon.

Rahmat mengungkapkan, dalam pelaksanaan KKN-T ini dapat membantu penyelesaian masalah yang ada di Kabupaten Cirebon. Selain itu, sebagai perekatan diri antara mahasiswa dan masyarakat dengan menyesuaikan adat istiadat dalam penempatan KKN.

“Mahasiswa diharapkan dapat mendampingi masyarakat dalam pemberian bekal baik ekonomi kreatif atau ilmu-ilmu sesuai dengan disiplin ilmu mahasiswa,” kata Rahmat selepas membuka acara tersebut, ¬†Selasa (18/6).

Bukan hanya itu, ia pun menitipkan pesan bagi mahasiswa agar dapat menjaga nama baik universitas dan menjaga nama baik Kabupaten Cirebon. Kemudian, meminta kepada Camat dan Kuwu yang menjadi lokasi penempatan mahasiswa dapat membantu mahasiswa dalam mengenali lingkungan KKN.

“Jaga nama baik kampus dan Kabupaten Cirebon selama KKN dan selepas KKN. KKN ini juga dilaksanakan di lima Kecamatan yakni di Mundu, Gebang, Gegesik, Kaliwedi dan Gunung Jati, ” ucapnya.

Dengan pelaksanaan KKN-T ini dikatakan dapat membantu dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Cirebon mengingat saat ini sedang dalam tahapan penyusunan rencana pembangunan jangan menengah. Sehingga, dirinya akan memantau secara serius pelaksanaan KKN-T dalam membantu penyusunan RPJMD Kabupaten Cirebon.

“Saya secara pribadi akan memantau pelaksanaan KKN-T IPB ini agar dapat menghasilkan identifikasi yang bermanfaat bagi Kabupaten Cirebon, ” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia IPB, Dr Ir Siti Aminah MSc yang mendampingi mahasiswa mengatakan, KKN tematik sebagai usaha dalam mengintegrasikan pendidikan dan pengabdian masyarakat dalam pengarus utamaan pertanian merespon industri 4.0.

“Mahasiswa perlu mendapatkan pembelajaran di lapangan dengan beberapa tahap salah satunya dengan mempelajari konteks sosial, ¬†ekonomi dan ekosistem yang diselaraskan antara desa dan pemerintah Kabupaten cirebon bebasis industri 4.0,” kata Siti Aminah.

Bahkan, mahasiswa pun ditekankan untuk dapat memecahkan persoalan sejak hulu hingga hilir dimilai dari pertanian dan  peternakan. Akan tetapi, kerawanan bencana pun akan diidentifikasi oleh mahasiswa mengingat Kabupaten Cirebon sebagai daerah rawan banjir ke lima didaerah Jawa Barat.

“Selepas mahasiswa melaksanakan KKN – T akan memberikan rekomendasi dari hasil identifikasi kepada pemerintah Kabupaten Cirebon sebagai masukan dari hasil penelitian selama mahasiswa KKN-T, ” tuturnya.

KKN-T ini pun dimulai selama satu bulan dimulai sejak hari ini hingga akhir bulan Juli mendatang yang terbagi beberapa kelompok disetiap lokasi penempatannya. (CP-02)

Be the first to comment on "Dihadapan Mahasiswa IPB, Sekda Harapkan KKN-T Bisa Bantu Selesaikan Persoalan Cirebon"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*