PDAM Tirta Jati Pastikan Pasokan Air Bersih untuk Wilayah Sumber Aman

Foto : Ilustrasi/Ist Pasokan Air Bersih Aman

SUMBER – PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon menjamin pasokan kebutuhan air bersih untuk wilayah Kecamatan Sumber, terbilang aman.

Padahal, sebelum-sebelumnya kebutuhan air kerap kali mengalami kekurangan.  Khususnya untuk di Kelurahan Perbutulan dan Perumahan Tukmudal yang kerap kekurangan air sehingga terjadi pelayanan kurang maksimal. Namun saat ini kondisinya bisa diantisipasi.

Pasalnya, dari beberapa sumber air yang dimiliki PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon, seperti sumber  air Cigusti, dan hasil kerjasama dengan PDAM Kota terbilang lancar. Terlebih setelah mendapatkan bantuan dari APBN.

“Bantuan DAK tahun 2018 dari APBN mampu menjadikan kondisi pelayanan PDAM Tirta Jati di wilayah Sumber lancar,” kata Direktur PDAM Tirta Jati Kabupaten Cirebon, Suharyadi, Senin (10/6).

Padahal, kata Suharyadi, sebelumnya PDAM unit Sumber selalu mengalami kendala. Akan tetapi, saat ini malah terjadi kelebihan kapasitas.

“Bahkan, kita sedang mencari calon-calon pelanggan yang ingin kita penuhi kebutuhannya,” katanya.

Sementara itu, untuk agenda ditahun 2019 ini, bantuan dari DAK, Suharyadi menegaskan PDAM Tirta Jati tidak mendapatkannya. Hanya saja, pihaknya sudah mengajukan untuk bantuan reguler.

“Itu dari APBN. Kami sudah menempuhnya melalui Dinas Kimrum Provinsi. Nah, PDAM posisinya hanya menerima aset manfaat untuk pelaksanaan kegiatannya nanti dari dinas terkait,” ucapnya.

Adapun usulan yang diberikan, untuk pemasangan infrastruktur. Yakni pemasangan dari Ciperna sampai lampu merah Mountoya Kecamatan Talun. Kemudian dari lampu merah Mountoya sampai ke Kedawung.

“Ketika itu terealisasi, itu mampu memenuhi sambungan untuk beberapa perumahan di jalur tersebut,” tuturnya.

Kebutuhan infrastruktur itu, tambah Suharyadi, relatif cukup berat ketika ditempuh oleh PDAM secara mandiri. Mengingat jaraknya kurang lebih ada dikisaran 6 -7 KM. Kebutuhan itu, tambah Suharyadi ketika usulannya terealisasi mampu memenuhi kebutuhan tersebut.

“Bantuan reguler dari APBN tahun 2019. Hanya, kami sedang berupaya untuk proses perijinan. Terutama karena disekitar tersebut berhubungan dengan jalan tol, Jasa Marga, jadi prosesnya sedang kami tempuh,” pungkasnya. (CP-02)

Be the first to comment on "PDAM Tirta Jati Pastikan Pasokan Air Bersih untuk Wilayah Sumber Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*