Kesehatan Lingkungan Sedang Tidak Baik-baik Saja, ITEKES Mahardika Gelar Kuliah Pakar

Foto : Ist KULIAH PAKAR. Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPS) ITEKES Mahardika gelar Kuliah Pakar di Aula setempat.

KESAMBI – Kesehatan lingkungan di sejumlah wilayah khususnya di Cirebon kota sedang tidak baik-baik saja, kesehatan lingkungan terhalang karena populasi sampah, Mahasiswa Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Mahardika, mendorong mahasiswanya sebagai agen perubahan kesehatan lingkungan.

Hal itu diwujudkan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (HMPS) dengan menggelar Kuliah Pakar bertemakan “Peran Mahasiswa sebagai Agen Perubahan dalam Mewujudkan Transformasi Kesehatan Lingkungan Perkotanaan yang Berkelanjutan” bertempat di Gedung Auditorium Kemuning.

Kuliah pakar dengan menghadirkan pemateri kompeten Listianingrum ST MSi tersebut diikuti antusias sebanyak 156 peserta dari mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) semester 2, 4, 6.

Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat ITEKES Mahardika, Dea Andini mengatakan, kuliah pakar ini adalah kegiatan program studi, bertujuan agar mahasiswa sadar akan kesehatan lingkungan di tempat mereka tinggal, karena saat ini dari hasil pantauan mahasiswa lingkungan sedang tidak baik-baik saja.

“Lingkungan perkotaan ini gak jauh beda sama daerah pedesaan, seperti adanya tumpukan sampah gunung sampah di daerah kopi luhur, ada beberapa tempat yang kumuh juga,” ungkap Dea.

Dea menambahkan, mahasiswa diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat mengimplementasikan diri sendiri dulu, “Peduli terhadap kebersihan lingkungan, bagaimana cara mengolah sampah, sehingga bisa tercapai kesehatan lingkungan, disamping kedepannya kami akan membangun bank sampah,” target Dea.

Senada, Sekretaris Himpunan Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat ITEKES Mahardika, Risma Hasanah menyebut, soal polemik sampah yang terjadi sekarang ini karena diri kita sendiri adalah sebagai produsen sampah.

“Bisa dibilang sebagai penghasil sampah di bumi ini, sehingga diharapkan dengan adanya kuliah pakar ini, mahasiswa punya pengetahuan, seperti jenis sampah yang ada yaitu sampah organik, anorganik dan B3, sehingga diharapkan mahasiswa sebagai agen perubahan bisa peduli terhadap lingkungan, dalam menjadikan kebersihan lingkungan sehingga terwujudnya kesehatan lingkungan yang semestinya,” harapnya. (CP-10)

Be the first to comment on "Kesehatan Lingkungan Sedang Tidak Baik-baik Saja, ITEKES Mahardika Gelar Kuliah Pakar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*