Sudah Dievaluasi, DKIS Akui Smart City Tunjukan Trend Positif

Foto : Ilustrasi/Ist Smart City

KEJAKSAN – Perkembangan program smart city di kota Cirebon menunjukan trend yang positif. Hal ini tergambarkan dari hasil evaluasi program Smart City tahap 1 pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo pada pertengahan Juni tahun 2019.

Demikian dikatakan oleh Kepala Bidang Layanan e-Govermen Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Dodi saat di wawancarai Cirebonpos di kantornya, Kamis (3/10).

”Hasil evaluasi menunjukan Nilai Indeks pencapaian atau rata-rata bobot (Performance) kota Cirebon yaitu 3,18 dari skala 5 yang menunjukan tingkat pembangunan Smart City Kota Cirebon,” kata Dodi.

Kemudian, lanjut Dodi, nilai tingkat peningkatan (improvement) yaitu 0,45 dalam skala 1 tingkat perbaikan yang terjadi setelah Kota Cirebon masuk dalam program Smart City yang menunjukan arah positif.

”Hal ini cukup membanggakan karena ¬†pada tahun 2017 tingkat Performance Kota Cirebon hanya 2,78 dan 0,13 untuk tingkat improvementnya,” ungkapnya.

Strategi program Cirebon Smart City, lanjut Dodi, kolaborasi, sinergitas, dan suistainable. Jadi program program unggulan sejak 2017 sampai dengan sekarang terus dimonitoring dan dievaluasi pelaksanaanya.

”Program Cirebon Smart City diantaranya Cirebon Melet (Melek Internet), Brojol Aja Kelalen, Wadul Bae, Cirebon Satu Data dan Cirebon Siaga 112,” jelasnya.

Khusus pada tahun 2019, kata Dodi, Pemerintah Kota Cirebon akan fokus kepada Smart Living dengan program Cirebon Mata Hatiku (CCTV) dan Smart Environment yaitu melalui program Cirebon Kudu Eling (lingkungan).

”Program Smart City akan terus dijalankan dan ditingkatkan setiap tahunnya,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, pogram pemerintah  yang untuk keberhasilan menuntut kolaborasi dan sinergitas dari seluruh perangkat daerah, stakeholder dan masyarakat, bukan program milik satu perangkat daerah.

”Perpres 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang sangat menuntun adanya sinergitas dan kolaborasi tidak hanya di internal Pemerintah Daerah namun antar pemerintah daerah, provinsi dan pusat,” paparnya.

Agar program Cirebon Smart City dapat terus ditingkatkan, menurut Dodi, Pemerintah Kota Cirebon akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi tentang program Smart City kepada masyarakat. (CP-06)

Be the first to comment on "Sudah Dievaluasi, DKIS Akui Smart City Tunjukan Trend Positif"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*