Siap Jaga Ketertiban di PSU, Satpol PP Siapkan 5 Anggota Linmas Tiap TPS

Foto : CP-06 RAPAT KOORDINASI. Nampak Satpol PP bersama anggota Linmas gelar rapat koordinasi jelang PSU di Kantor Satpol PP, Kamis (20/9).

KESAMBI – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 24 TPS pada 4 Kecamatan di Kota Cirebon, membuat pihak penyelenggara serta pihak terkait lainnya harus bersiap secara maksimal demi kelancaran penyelenggaraan.

Tak hanya KPU dan Bawaslu, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon pun menyiapkan 73 Linmas guna menjaga ketertiban secara umum pada saat PSU dilaksanakan di 24 TPS.

Kepala Seksi Bina Potensi Masyarakat Pol PP Kota Cirebon, Suweka mengatakan, pihaknya menyiapkan Linmas sebanyak 5 anggota di setiap Kecamatan yang terkena PSU. Tak hanya itu, kata dia, untuk Linmas tingkat Kota akan disiapkan 5 orang yang akan berjaga di Kantor Pol PP.

”Jadi, dengan jumlah TPS 24 berarti ada 48 Linmas yang menjaga setiap TPS, ditambah disetiap kecamatan dan ditingkat Kota, total 73 Linmas,” kata Suweka kepada Cirebon Pos, usai memberikan pengarahan kepada Linmas dikantornya, Kamis (20/9)

Suweka menjelaskan, Linmas yang berjaga di Kecamatan dan tingkat Kota, berfungsi untuk menjaga ketertiban secara umum. Dimana, mereka tidak diwajibkan mencari data, tidak diwajibkan menjaga kotak suara, serta tidak diwajibkan mencari siapa yang menang.

”Yang jelas, mereka diwajibkan menjaga ketertiban secara umum,” paparnya.

Masih kata Suweka, Sat Linmas bukan penunjang kemanan pelaksanaan Pemilu, dimana dibatasi hanya pengamanan secara umum. Untuk itu, mereka hanya sebatas mengawasi untuk pam kota fungsinya satu kota.

”Linmas yang PAM di TPS tanggung jawab ada di KPU. Kami hanya pengadaan SDM nya saja serta kebijakan lainnya ada di KPU,” ujarnya.

Suweka menuturkan, pihaknya berharap Linmas bisa menjalankan tugas dengan baik dengan tidak menyalahi aturan yang ada. Semoga pemilu ini melalui PSU berjalan dengan kondusif dan aman.

”Kami yakin Linmas akan bisa bekerja dengan baik karena terus diberikan pembinaan oleh Pol PP,” tuturnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Siap Jaga Ketertiban di PSU, Satpol PP Siapkan 5 Anggota Linmas Tiap TPS"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*