Ajak Masyarakat Biasakan Hidup Bersih, Bank Sampah MBS Siapkan Beragam Program Unggulan

Foto : Ist PILAH SAMPAH. Nampak masyarakat antusias memilah sampah bersama Bank Sampah MBS untuk membiasakan hidup bersih dan sehat.

INDRAMAYU – Bank Sampah Masyarakat Bersih Sejahtera (MBS) Desa Kroya Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu terus mengajak masyarakat membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berpenghasilan. Selain itu, banyak program sosial yang dilakukan MBS baik yang sedang berjalan dan akan segera dilakukan.

“Kita ajak masyarakat mulai melakukan hidup bersih dan sehat sejak dari rumah dengan memilah sampah. MBS hadir dengan program menambung sampah juga program sosial lainnya yang bisa membantu masyarakat lewat dukungan semua pihak,” ujar Ketua Bank Sampah MBS Desa Kroya, Susanto didampingi┬áSekertaris Guruh Rahmatullah dan┬áBendahara Ade Rustono.

Salah satu program unggulan MBS, kata Santo sapaan akrab Susanto yakni pengambilan sampah dari rumah ke rumah.┬áDan, pihaknya menginginkan waega Desa Kroya membiasakan dan menjaga kebersihan, membiasakan warga memilah sampah dari rumah. “Kita ambil sampah dari rumah ke rumah. Selain mengedukasi masyarakat juga, kita ajak membiasakan hidup sehat dan sampah yang bermanfaat serta bernilai,” paparnya.

Bank Sampah MBS juga, kata Santo, bergerak di bidang sosial lewat MBS Academy yakni les atau privat gratis. Dimana, materi tentang bahasa (International Lenguage), Bahasa Arab dan Inggris, serta Bahasa Indramayu Kromo Inggil. Kenapa Bahasa Indramayu Alus (Kromo Inggil), karena menurut Ketua MBS, Bahasa Indramayu sudah hampir punah di kalangan genererasi muda saat ini. “Kita buka les/privat gratis untuk warga sekitar Bank Sampah MBS. Selain bahasa, juga utamanya Bahasa Indramayu yang sudah mulai ditinggalkan generasi muda saat ini. Ini penting sekali menjaga dan merawat bahasa daerah,” paparnya.

Dan juga, lanjut Santo, sekarang pihaknya sedang berupaya memberikan akses untuk penerangan jalan di lingkup Mitra MBS (yang sampahnya di angkut dan di tabung di MBS). Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat juga dengan adanya penerangan yang memadai. “Kita usahakan dan upayakan yang terbaik serta optimal untuk sama-sama melayani masyarakat. Selama kita bisa dan bermanfaat untuk yang lain, kami akan terus berbuat yang terbaik,” pungkasnya. (CP-10)

Be the first to comment on "Ajak Masyarakat Biasakan Hidup Bersih, Bank Sampah MBS Siapkan Beragam Program Unggulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*