Lili Eliyah Dukung Program Jabar Saber Hoaks

Foto : Ist Anggota DPRD Fraksi Golkar Jawa Barat, Hj Lili Eliyah SH MM

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merilis program Jabar Saber Hoaks. Progeam tersebut harus didukung penuh semua pihak.

Salah satunya Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi Golkar Lili Eliyah SH MM mengatakan Jabar Saber Hoaks merupakan salah satu program pemerintah provinsi yang harus didukung. Pasalnya, banyaknya arus informasi dan kecanggihan teknologi, banyak masyarakat Jawa Barat yang termakan berita hoaks.

Dalam upaya memerangi berita bohong atau hoaks, Jabar Saber Hoaks berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten dan Kota se Jabar untuk mengantisipasi atau mencegah maraknya berita hoaks.

“Berita hoaks ditangkal dengan klarifikasi dari pihak yang berwenang dalam hal ini pemerintah setempat berperan penting untuk menangkal hoaks. Tetapi klarifikasinya juga harus benar, jangan sampai menimbulkan atau berpotensi muncul hoaks yang baru,” kata Lili.

Lili berharap agar pemerintah berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang menangkap berita hoaks tersebut.

Sebab, maraknya berita hoaks itu lantaran kurangnya sosialisasi literasi tentang informasi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan dari sisi publikasi.

“Ketika masyarakat mendapatkan sebuah informasi melalui media sosial misalnya, kebiasannya tidak menyaring terlebih dahulu informasi tersebut kebenarannya, langsung diteruskan saja kepada pengguna medsos lainnya. Sehingga edukasi literasi ini sangat penting,” paparnya.

Karena itu, lanjutnya, pencegahan dengan mengedepankan edukasi literasi sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk menghindari berita hoaks yang diterima masyarakat.

Tak jarang, masyarakat menerima informasi lama yang kemudian disebarkan kembali dengan judul atau tema berbeda. Padahal, peristiwanya terjadi diwaktu yang telah berlalu.

“Misalnya berita bencana yang ujung-ujungnya meminta donasi terhadap bencana tersebut. Padahal kejadiannya dimana dan kapan tidak dapat diketahui,” pungkasnya. (CP-06)

Be the first to comment on "Lili Eliyah Dukung Program Jabar Saber Hoaks"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*