Soal Hujan Deras Beberapa Hari Ini, BMKG Kertajati Sebut Belum Masuk Musim Hujan

Foto : Ist BMKG Kertajatu Ingatkan Warga Ciayumajakuning Agar Waspada Hujan Disertai Angin Kencang Sepekan Ini.

KERTAJATI – Meskipun beberapa hari ini curah hujan cukup lebat, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kertajati menyebut belum masuk musim hujan. Pasalnya, BMKG mencatat perkiraan musim hujan jatuh pada November mendatang. Dan, saat ini masih dalam kondisi pancaroba atau transisi antara musim kemarau ke musim hujan.

Hal ini seperti dijelaskan Forcaster BMKG Kertajati, Ahmad Faa Iziyn MP, saat ini masih dalam kondisi pancaroba/transisi yang merupakan masa peralihan dua musim utama, yaitu diantara musim hujan dan kemarau. Dimana waktunya, kata Faa Iziyn yakni menuju musim kemarau pada Maret-April dan menuju musim hujan Oktober-November. Dimana ciri-cirinya udara panas, arah angin tidak teratur dan potensi cuaca ekstrem meningkat.

“Pancaroba/transisi sudah mulai ada hujan tapi tidak sering. Dan, jumlah curah hujannya kurang dari 150 mm/bulan,” ujarnya.

Adapun potensi cuaca ekstrem yang terjadi, lanjut dia, hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang dalam waktu singkat dan tiba-tiba, angin puting beliung dan waktunya berpotensi terjadi pada siang sampai sore hari. Adapun untuk mengantisipasinya, lanjut dia, update info BMKG, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, menjauhi pohon-pohon tinggi jika terjadi hujan lebat, petir dan angin kencang serta selalu jaga dan patuhi keselamatan berkendara.

“Sekarang juga lagi terjadi La Nina. Dimana curah hujan lebih banyak dari normalnya.¬†Tapi, saat ini tetap masih pancaroba/transisi,” ungkapnya.

La Nina, lanjut dia, kondisi anomali (penyimpangan) suhu permukaan laut Samudera Pasifik Tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin dari pada kondisi normalnya, diikuti perubahan sirkulasi atmosfer di atasnya berupa peningkatan angin pasat timuran lebih kuat dari kondisi normalnya, dan sudah berlangsung beberapa bulan. Kondisi La Nina dapat berlangsung dengan durasi selama beberapa bulan hingga dua tahun.

Adapun, kata dia, musim hujan dimana kondisi hujan banyak & sering hampir tiap hari.  Jumlah curah hujan diatas 150 mm/bulan. Jadi, meskipun beberapa hari ini turun hujan cukup lebat namun belum masuk musim penghujan.

“Musim hujan diprakirakan bulan November di Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan)” ujarnya. (CP-10)

Be the first to comment on "Soal Hujan Deras Beberapa Hari Ini, BMKG Kertajati Sebut Belum Masuk Musim Hujan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*