Pengamat: Pemerataan Sekolah Jangan Hanya Sekedar Slogan

Foto : Ist Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMA.

KEJAKSAN РJelang penutupan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMA di Kota Cirebon lewat jalur zonasi, namun pemerataan siswa nampaknya belum sesuai harapan. Sekolah favorit dan tidak, ternyata masih melekat ditengah masyarakat yang lebih memilih sekolah tertentu. 

Ada sekolah yang sudah melebihi daya tampung, namun ada beberapa sekolah yang masih kekurangan banyak siswa karena sedikit pendaftar. Data yang dihimpun Cirebonpos menunjukan SMAN 5 baru ada 68 pendaftar dari 229 daya tampung, SMAN 7, SMAN 8 dan SMAN 9 yang masih kekurangan ratusan siswa jelang penutupan PPDB. Sementara di SMAN 1, 2, 3, 4 dan 6 sudah kelebihan ratusan pendaftar dari daya tampung yang tersedia.

Menyikapi PPDB tersebut, Pemerhati Pendidikan, Dr H Heru Cahyono SE MESy mengatakan, pertama yang perlu disikapi tentang aturan KK yang harus satu tahun kalau memang itu aturan tolong diterapkan dengan benar. Kedua, sebaiknya sebelum diumumkan ini data pendaftar sudah diurutkan sesuai jarak zonasinya supaya apabila sudah tidak masuk bisa mencari sekolah yang masih kosong kuota atau daya tampungnya dan bila perlu kesekolah swasta.

“Terapkan aturan mainnya, dan harus transparan. Termasuk zonasi dan daya tampungnya. Jangan sampai pemerataan yang digembar-gemborkan hanya sebatas slogan belaka. Kalau masih ada kekurangan siswa di sekolah negeri, perlu dipertanyakan ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, masih kata Heru, dengan adanya zonasi berarti mutu sekolah adalah sama sehingga tidak ada sekolah unggulan maupun non unggulan. Maka, pemerintah harus menyamakan semua sekolah yang ada. Karena sekolah tingkat menengah adalah sekolah yang menciptakan karakteriatik anak bangsa kedepan. Apabila dari proses pendaftaran sampai kelulusan tidak dijalankan sesuai aturan, jelas akan terbentuk mental yang tidak baik dari anak bangsa ini.

“Sekali lagi saya tekankan tegakan aturan PPDB yang telah dibuat dan yang terupdate di sistem itu sudah sesuai urutan zonasi tempat tinggal (KK) yang tentunya sudah 1 tahun, yang belum ya tidak bisa terupdate. Sehingga, sekolah swasta juga akan kebagian siswa. Ini harus jadi perhatian serius,” ujar alumni UIN Jakarta ini. (CP-06)

 

Data PPDB Online Tingkat SMA Kota Cirebon :

1. SMAN 1  Daya Tampung 214 dengan Pendaftar 280 Siswa

2. SMAN 2 Daya Tampung 226 dengan Pendaftar 310 Siswa

3. SMAN 3 Daya Tampung 174 dengan Pendaftar 349 Siswa

4. SMAN 4 Daya Tampung 179 dengan Pendaftar 231 Siswa

5. SMAN 5 Daya Tampung 229 dengan Pendaftar 68 Siswa

6. SMAN 6 Daya Tampung 204 dengan Pendaftar 240 Siswa

7. SMAN 7 Daya Tampung 257 dengan Pendaftar 133 Siswa

8. SMAN 8 Daya Tampung 246 dengan Pendaftar 109 Siswa

9. SMAN 9 Daya Tampung 255 dengan Pendaftar 118 Siswa

 

(Sumber : ppdb jabar 2020 diakses pada Selasa 30 Juni Pukul 14.30 WIB)

Be the first to comment on "Pengamat: Pemerataan Sekolah Jangan Hanya Sekedar Slogan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*