Siap Lakukan Pengawasan di Kampanye Terbuka, Bawaslu Bersama Panwascam Se-Kota Cirebon Gelar Rapat Koordinasi

Foto : CP-02 RAPAT KOORDINASI. Nampak Komisioner Bawaslu Jabar, Yusup Kurnia memberikan materi dan arahan pada Rapat Koordinasi Pengawasan Media Kampanye dan Rapat Umum pada Pemilu 2019 kepada para Panwascam se-Kota Cirebon yang digelar Bawaslu Kota Cirebon di salah satu hotel di Jalan Cipto, Kamis (21/3).

KESAMBI РMemaskui jadwal kampanye terbuka terhitung mulai tanggal 24 Maret sampai 14 April, para peserta Pemilu, baik caleg di semua tingkatan maupun pasangan Capres-Cawapres  akan melakukan kampanye untuk mempromosikan program-program dan visi misi yang diusungnya.

Menyikapi hal itu, Bawaslu Kota Cirebon pun melakukan serangkaian persiapan guna melakukan pengawasan pada pelaksanaannya. Kamis (21/03), Bawaslu Kota Cirebon menggelar Rakor internal dengan semua unsur Pengawas di tingkat Kecamatan di salah satu hotel.

“Rapat koordinasi pengawasan media kampanye dan rapat umum pada Pemilu 2019 di Kota Cirebon ini, kita gelar untuk memastikan kesiapan melakukan pengawasan pada kampanye terbuka nanti,” demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kota Cirebon, M Joharudin SPd MPd didampingi Komisioner lainnya Devi dan Supriyan usai membuka kegiatan Rakor.

Untuk mengawasi kampanye terbuka nanti, lanjut Joharudin, pihaknya akan melibatkan semua unsur pengawas yang ada. Bahkan, dari979 PTPS yang sudah direkrut tidak menutup kemungkinan juga akan dilibatkan dalam pengawasan kampanye terbuka nanti.

“Untuk pengawasan di lapangan, kita melekat, kita terjunkan jajaran pengawas yang ada. Dann untuk pencegahan, kita akan bersurat untuk mengimbau para peserta Pemilu untuk sama-sama mengedepankan ketertiban dan keamanan,” lanjut Joharudin.

Ia memastikan, Bawaslu siap mengawal dan mengawasi semua tahapan Pemilu serentak 2019, termasuk kampanye terbuka yang menjadi salah satu tahapannya.

“Bawaslu dipastikan siap, kita akan awasi ketat setiap kegiatannya,” tegas Joharudin.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Jawa Barat Divisi Hukum, H Yusup Kurnia SIP menambahkan, kegiatan Rakor persiapan pengawasan perlu dilakukan guna memastikan kesiapan Bawaslu di semua tingkatan, sehingga fungsi pengawasan bisa maksimal.

“Kami ingin memastikan pengawas memahami apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan sepanjang 21 hari kampanye terbuka. Karena ini momentum bagi peserta Pemilu untuk membawa massa yang besar. Sehingga rambu-rambu, termasuk larangan kampanye harus benar-benar diperhatikan oleh Bawaslu,” ungkap Yusup. (CP-02)

Be the first to comment on "Siap Lakukan Pengawasan di Kampanye Terbuka, Bawaslu Bersama Panwascam Se-Kota Cirebon Gelar Rapat Koordinasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*