Gandeng LAPAN, Kardaya Gelar Sosialisasi ZPPI

Foto : CP-10 SOSIALISASI. Nampak Kepala Pusat Pemanfaatan Pengindraam Jauh LAPAN bersama Anggota DPR RI Komisi VII, Dr Ir H Kardaya Warnika secara simbolis serahkan paket GPS dan Fishfinder kepada perwakikan nelayan saat sosialisasi di Halaman Radio Sela Gegesik Kabupaten Cirebon, Senin (15/10).

CIREBON – Dalam rangka memudahkan para nelayan menangkap ikan di laut, Anggota DPR RI Komisi VII, Dr H Kardaya Warnika DEA menggelar acara Sosialisasi Diseminasi Pemanfaatan Pengindraan jauh informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) menggandeng Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) di halaman Radio Sela Gegesik Kabupaten Cirebon, Senin (15/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Eselon 2 Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN, M Rokhis Komarudin, Kabid Administrasi, Winanto, Instruktur, Sartono M dan Tim BMN, Suherman Andria.

Sosialisasi sendiri dikuti sedikitnya 130 orang terdiri dari kelompok Nelayan Cirebon, Indramayu dan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon yg diwakilkan oleh beberapa staf serta Kepala Desa dari Gegesik Kidul, Gegesil Lor, Gegesik Wetan, Gegesik Kulon dan Kepala Desa Panunggul Cirebon.

“Sosialisasi ini bertujuan agar nelayan melaut bukan mencari ikan, tapi menangkap ikan,” ungkap Anggota DPR RI Dapil Cirebon-Indramayu, Kardaya Warnika kepada awak media.

Masih kata Kardaya, para peserta juga sangat antusias untuk memahami cara penggunaan alat GPS dan Fishfinder yang dapat memandu mereka menuju area berpotensi untuk penangkapan ikan yang ditujukan melalui informasi zona penangkapan ikan (ZPPI).

Untuk itu, Kardaya berharap, dengan diberikannya bantuan GPS dan fishfinder untuk dua kelompok nelayan, agar para nelayan bukan untuk mencari ikan, tetapi menangkap ikan. Karena keberadaan ikan bisa terdeteksi dengan alat tersebut. Selain itu, pihaknya juga berharap, sosialisasi ini terberkelanjutan dengan LAPAN bertujuan untuk mensejahterakan para nelayan

“Kami berharap sosialisasi ini bisa terus berlanjut untuk memudahkan para nelayan menangkap ikan. Dan, yang paling utama bisa mensejahterakan,” ungkap Kardaya. (CP-10)

Be the first to comment on "Gandeng LAPAN, Kardaya Gelar Sosialisasi ZPPI"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*